WordPress SEO Checklist

Saya menggunakan wordpress sebagai platform untuk sebagian situs yang saya kelola. Untuk meningkatkan visibility situs-situs saysa terbsut, saya biasanya melakukan melakukan hal-hal tertentu yang saya susun menjadi sebuah “wordpress SEO checklist“. Berikut ini checklistnya:

1. Permalink

Teknik yang pertama saya lakukan dalam hal permalink ini adalah mengubah tampilan url wordpress yang secara default seperti ini:

  • http://kopimix.com/?p=342

menjadi seperti ini:

  • http://kopimix.com/judul-postingan atau
  • http://kopimix.com/keyword/judul-postingan.htm dll

Mengapa ini penting? Karena dengan mengubah url menjadi http://kopimix.com/judul-postingan , halaman situs kita menjadi lebih mudah diingat, apalagi kita bisa memasukkan kata kunci disini, yang mana keberadaan kata kunci di sebuah url bisa meningkatkan SEO dari situs kita. (Referensi bhs inggris: http://www.youtube.com/watch?v=gRzMhlFZz9I). Saya sudah membuat tutorial tentang permalink wordpress disini: cara mengubah permalink wordpress.

2. Google XML Sitemap Generator (Plugin)

Penjelasan mengenai sitemap bisa anda baca di sini: apa itu sitemap. Singkatnya, ini adalah semacam daftar isi dari sebuah situs yang kita sediakan untuk Google agar mereka lebih mudah mengindex situs kita. Untuk membuat sitemap, kita tidak perlu repot-repot. Kita cukup mendownloadnya di wordpress.org atau klik link berikut ini: Google download plugin XML sitmap.

3. ALL in One SEO

Plugin ini banyak direkomendasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia SEO. Baik lokal maupun mancanegara. Plugin ini bisa digunakan untuk mengubah title halaman situs, title halaman utama, title halaman hasil pencarian, menambahi Meta Keyword, menambahi Meta Description dll. Awalnya saya kurang begitu respect terhadap plugin ini karena bukankah Meta Keyword sudah tidak dipakai / tidak dianggap lagi oleh Google sebagai acuan perangkingan situs? (lihat referensinya disini: what google says about meta keyword). Tapi ternyata ada hal lain yang tak kalah penting, yakni optimalisasi terhadap faktor cannonical url  dan lain-lain. (Lihat referensinya disini: cannonical url by tizish dan cannonical url by matt cutts)Jadi saat ini saya cukup menyarankan plugin ini.

hal penting mengenai ALL in One SEO ini adalah:

4. Related Post

Plugin ini digunakan untuk menampilkan beberapa post yang memiliki kesamaan tertentu dengan postingan yang sedang di baca. Plugin ini sangat berguna untuk membantu pengunjung agar dapat menemukan postingan / artikel terkait. Ada berbagai macam plugin related post yang bisa di implementasikan di wordpress. Tinggal cari dengan kata kunci ‘related post plugin’ di wordpress.org, maka anda akan menemukan ‘setumpuk’ plugin related post yang bisa anda gunakan. Dan, yang paling penting, tidak perlu bayar.

misalnya: Yet Another Related Posts Plugin

5. SEO Smart Links

Fungsi utama dari plugin ini adalah untuk membuat inbound link di dalam posting yang kita buat. Inbound link adalah link yang mengarah ke halaman dalam situs kita sendiri. Inbound link ini berguna untuk mengkaitkan halaman yang satu dengan yang lainnya dalam situs kita. Plugin ini secara otomatis mendeteksi kata atau frasa tertentu dalam tulisan yang kita buat lalu mengubahnya menjadi link yang mengarah pada posting lainnya yang pernah kita tulis. Plugin ini bisa didwonload gratis di sini: http://wordpress.org/extend/plugins/seo-automatic-links/

6. Keyword Tag Wrapper

Plugin secara otomatis menambah tag seperti bold/strong, italic, dan underline pada kata-kata yang kita anggap penting pada seluruh postingan kita. Ini cukup membantu bagi mereka yang kadang lupa untuk menonjolkan kata-kata tertentu dalam sebuah postingan. Plugin ini dapat didownload di sini: http://wordpress.org/extend/plugins/keyword-tag-wrapper/

7. SEO Image

Plugin ini untuk menambahkan alt text pada gambar yang tidak mempunyai alt text

Lebih serius lagi?

Berikut ini beberapa checklist yang perlu anda lakukan jika ingin lebih serius lagi di wordpress.

>> Advanced Code Editor

>> SyntaxHighlighter Evolved

>> SEO SearchTerms Tagging2


Comments are closed.