Sitemap, apa itu?

Apa itu sitemap? Sitemap adalah semacam daftar halaman yang ada pada sebuah situs. Kalau boleh mengandaikan, sitemap seperti daftar isi pada sebuah buku. Sitemap bisa berupa HTML Sitemap, bisa juga berupa XML Sitemap. Mana yang lebih baik? Menurut Matt Cutts, salah satu orang penting google, perbadingan keduanya sepertiĀ  apel enak dan jus jeruk yang nikmat. Keduanya enak menurut google. (lihat video versi englishnya di sini:http://www.youtube.com/watch?v=hi5DGOu1uA0)
Hmm, kenapa menurut Google? Apa gunanya kita menyediakan sesuatu yg enak untuk Google. Well, fungsi sitemap adalah membantu mempermudah Google dalam meng-crawl situs kita. Semakin mudah situs kita di crawl, semakin mudah pula situs kita diindex oleh Google bukan? Tentu saja, tidak ada jaminan semua halaman yang ada di sitemap pasti dicrawl oleh google. Ini seperti bilang ke google “Hei Om, lihat nih ada yang baru di situs aku”. Google bisa bilang “Oke masBro, aku ke situ” atau bisa juga “Bentar, aku lagi sibuk”.
Sitemap juga bisa membantu mempermudah user / pengunjung, karena sitemap akan membatu mereka mengetahui isi dari situs yang mereka kunjungi. Dengan begitu, user bisa langsung memilih bagian mana yang ingin mereka baca lebih dulu. Lantas bagaimana cara membuat sitemap? Bagi anda yang menggunakan platform wordpress, anda bisa menggunakan plugin seperti Google Sitemap Generator untuk membuat XML Sitemap. Cukup beberapa langkah sederhana dan sitemap anda siap dihidangkan.

Comments are closed.