Menampilkan folder yang disembunyikan virus di flashdisk

Virus computer terkadang memang menyebalkan. Menjadi korban virus computer lebih menyebalkan lagi. Salah satu ‘aktivitas’ virus komputer yang termasuk dalam kategori menyebalkan adalah virus yang menyembunyikan file atau menyembunyikan folder di flashdisk kita. Tak hanya itu, biasanya kita ditipu dengan folder gadungan yang sebenarnya adalah link.  Contohnya adalah seperti ini:

menampilkan folder hidden virus file

Seperti yang sudah anda duga, virus mengerjai kita dengan cara membuat hidden folder kita lalu menciptakan sebuah folder palsu untuk menjebak kita. Lantas bagaimana cara menampilkan folder yang disembunyikan virus di flashdisk? Beberapa antivirus lokal konon memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah ini, namun jika anda sedang tidak punya waktu untuk mendownload atau ogah menginstall software tambahan dikomputer anda, cara sederhana berikut ini mungkin bisa membantu anda menampilkan folder yang disembunyikan virus:

Pertama, buka command prompt

Bagi anda yang belum tahu, caranya adalah dengan menekan [tombol windows] bersamaan dengan [tombol R] di keyboard untuk menampilkan jendela [Run]. Dari situ ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) lalu tekan [Enter] sehingga akan muncul jendela ini:


menampilkan folder hidden virus file 3

Kedua, pindah ke driver flashdisk

Dalam hal ini, driver flashdisk saya ada di [E:] sehingga yang saya lakukan adalah mengetik “E:” (tanpa tanda kutip) lalu menekan [tombol enter]

Ketiga, (ini yang paling utama)

Ketik perintah ini: attrib -s -h /s /d *.*

Karena kode diatas tidak bisa dicopy paste dan pentingnya peletakan spasi, berikut ini saya berikan panduan penulisan perintah diatas:

menampilkan folder hidden virus file 2

Selesai.

Sekarang cek flashdisk anda dan silahkan menikmati folder2 yang sebelumnya telah di hidden oleh virus. Semoga cara menampilkan folder yang dihidden virus diatas dapat berguna bagi anda.

Comments are closed.