Keylogger, keyboard logger

Keylogger atau keyboard logger adalah alat tersembunyi yang digunakan untuk merekam setiap hentakan keyboad yang dilakukan oleh pengguna komputer. Keylogger merupakan sebuah ancaman terhadap privacy dan data-data rahasia misalnya username dan password kita. Sebuah keylogger dapat berupa software atau hardware.
Keylogger berwujud software merupakan sebuah program yang berjalan tersembunyi dan biasanya tidak terlihat di task manager ketika kita menekan “tombol sakti” ctrl+alt+del. Beberapa keylogger bahkan mempunyai fitur untuk membuat screenshot dan mengirimkan hasil rekaman keyboard via email kepada si pemasang keylogger.
Untuk mengatasi keylogger berbentuk software ini, kita bisa menggunakan software anti keylogger yang banyak kita temukan di internet. Namun dalam memilih program anti-keylogger ini kita juga hati-hati. Jangan sampai memilih program anti-keylogger gadungan alias anti keylogger yang sebenarnya merupakan keylogger atau yang mengandung trojan.

Cara yang cukup aman adalah dengan mendownload dari situs-situs download center ternama dan memiliki reputasi bagus. Saya biasa menggunakan softpedia dan download.cnet.com, karena mereka menyediakan review atau ulasan mengenai masing-masing software yang mereka sediakan.

hardware-keyloggerKeylogger lain adalah keylogger berupa hardware. Yakni sebuah perangkat keras alias berwujud fisik yang ditancapkan diantara keyboard dan CPU. Dengan kata lain, keylogger berjenis hardware ini menjadi penghubung antara keyboard dengan CPU. Dengan demikian keberadaannya hampir mustahil terdeteksi oleh anti keylogger yang super canggih sekalipun. Untuk mengatasi keylogger jenis hardware caranya cukup sederhana. Tinggal lihat di colokan-colokan di CPU yang kita pakai apakah ada benda-benda yang tidak wajar yang terpasang di sana. Namun, cara sederhana ini tentu tidak 100% “ampuh”. Karena beberapa orang bisa saja membuat hardawar keylogger yang tersembunyi dan sulit terdeteksi yang dapat terabaikan oleh pengecekan fisik.
Oleh karena itu beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir pencurian data kita menggunakan keylogger adalah;

1. Jangan gunakan komputer umum

Sebaiknya gunakan PC atau Laptop pribadi. Karena menggunakan komputer umum sangat rentan terhadap pencurian data.

2. Jangan masukkan data-data rahasia kita di tempat umum

Ini jika kita terpaksa menggunakan komputer umum. Memasukkan username dan password kita di komputer umum sebaiknya dihindari.

3. Gunakan on screen keyboard atau semacamnya

On screen keyboard adalah program bawaan microsoft windows XP yang dapat di akses melalui Start > All Program > Accecoris > Accesbility
Cara ini bisa ditempuh jika kita tidak bisa menghindari penggunaan komputer umum untuk memasukkan data rahasia kita. Misalnya membuka email darurat ketika kita tidak membawa laptop dan harus membukanya di warnet. On Screen Keyboard bisa dijadikan alternatif terkhir untuk memasukkan username dan password kita. On screen Keyboard ini lebih aman daripada kita mengetik langsung, karena On Screen Keyboard bekerja menggunakan klik mouse.
Namun tetap saja, cara yang lebih aman untuk menghindari KeyLogger adalah dengan menggunakan komputer pribadi yang tidak dipinjamkan kepada orang lain. Ini untuk mencegah orang lain memasang keyloggerdi komputer kita.

Comments are closed.